Peranan Melodi dalam Sebuah Lagu

Melodi


Dalam sebuah lagu, melodi adalah bagian terpenting yang harus dibuat dengan baik, jadi ada baiknya ketika dalam proses pembuatan melodi dilakukan dengan sangat teliti. Oke langsung saja, sebelum lanjut ke tahap pembuatan melody, ada baiknya kalian memahami tentang "tangga nada" dan "chord", karena dalam tahapan membuat melody terdapat peraturan yang harus kita ketahui, nah sebenernya di FL Studio, kita diberi sedikit bantuan, yaitu berupa scale scale dan juga chord, jadi walaupun kalian tidak mengerti tentang tangga nada dan chord, kalian tetap bisa membuat musik di FL Studio.

Oke langsung saja kita mulai. Pertama buat dulu progresi chord nya, tapi karena kemarin kita sudah buat progresi chord nya, kita pake aja yang kemarin. Kemarin kita pake nada dasar C dan pake chord Fmaj, Gmaj, Amin, dan Cmaj. 

Nah langsung aja load vst FL Keys, lalu buka piano roll nya, dan masukan chord yang tadi. Dengarkan baik baik progresi chord itu, bayangkan oleh kalian kira kira dari progresi chord itu akan menghasilkan melodi yang seperti apa.....

Jika kalian sudah memiliki ide untuk melodinya, maka langsung saja buat melodinya, dan misalkan saya punya melodi seperti ini. Dan jika melodinya sudah terasa enak, kita bisa ubah style chordnya. 

Misalkan seperti ini. Dan terakhir kalian tinggal pisahkan melodi dan chord nya menjadi satu kesatuan yang berbeda, misalkan kalian ingin chord nya memakai piano dan melodinya menggunakan lead dengan tipe saw.

Oke untuk hasil akhir dari project kali ini, bisa kalian download di link yang ada dibawah ini. Cara load nya yaitu ekstrak terlebih dahulu dengan WinRar, lalu buka file berbentuk FLP nya. 

Popular Posts