Belajar FL Studio 12 | Dashboard FL Studio | Playlist FL Studio (F5)

Belajar FL Studio 12

Ingin belajar FL Studio 12 mobile atau pun dekstop untuk pemula, harus penuh yakin untuk memulainya, jika ada yang mengganggu coba kembali ke niat untuk apa kamu mempelajari hal tersebut. Membuat lagu tidak hanya dengan perangkat lunak dari image line, banyak juga perangkat lunak yang bisa menciptakan lagu kreasi kamu, nah berikut ini sedikit perkenalan untuk kamu.

Mengapa kamu ingin mempelajari FL Studio?


Jadi pertanyaannya seputar tentang niat, sebenarnya untuk apa kamu ingin belajar FL Studio, jawabannya hanya kamu yang mengetahuinya, tidak perlu kamu tulis di kolom komentar pun tidak ada masalah. Saya hanya ingin berbagi pengalaman, ketika saya mulai merasa bosan ingin mempelajari suatu hal, saya akan membuka lembaran titik awal alasan mengapa saya mulai mempelajar FL Studio, berangkat dari alasan tersebut saya pun punya semangat kembali untuk belajar. Menuliskannya dalam bentuk tutorial FL Studio sekarang ini pun adalah bentuk agar semangat belajar saya tetap stabil, sampai mencapai tujuan yang ingin dicapai. Lalu, untuk kamu, seperti apa sih alasan kamu ingin mempelajari FL Studio, nah pilihlah alasan yang dapat menggerakkan semangat untuk bangkit dari kebosanan ketika mempelajar FL Studio. Baiklah kembali ke topik bahasan, saya sudah memulai tutorial FL Studio dari paragraf sebelumnya, mari berkenalan lebih jauh tentang tampilan perangkat lunak FL Studio 12.

Dashboard FL Studio

Pertama kali membuka perangkat lunak FL Studio di laptop atau di PC, kamu akan melihat banyak sekali menu di dashboard atas pada perangkat lunak FL Studio. Saya akan mengenalkannya, bagian yang penting untuk diketahui oleh pemula dan bagian mana saja yang bisa kamu cari tau sendiri untuk menambah pengalaman belajar otodidak FL Studio. Dari paling kiri ke paling kanan, saya akan mengenalkannya satu per satu.
Dashboard FL Studio


Menu File penting diketahui karena dari menu ini kamu akan mengexport atau menyatukan lagu/musik yang kamu edit menjadi sebuah file, berbentuk mp3, dan file audio lainnya (wave, midi, dll). Selanjutnya ada menu edit, add, patterns, view, options, tools dan tanda ? menu ini bukan tidak penting, tapi kamu bisa mencari tau sendiri fungsi dari menu ini.

Menu volume tidak terlalu penting untuk belajar pemula, namun akan perlu jika sudah mahir untuk mengatur lagu utuh, dibagi dengan volume master dan volume pitch.

Button song / pattern mode adalah salah satu button penting yang harus diketahui, fungsinya untuk mendengar musik yang sudah disatukan pada bentuk utuh mode song dan pada bentuk musik sebagian mode pattern (jika masih bingung nanti lebih jelasnya ada di ulasan ini). Button pengaturan tempo lagu juga penting untuk diketahui, letaknya masih dikelompokkan di menu ini. Dalam kelompoknya terdiri dari  button metronom, menu recording, menu play musik, kamu bisa mencari tau sendiri apa fungsi dari button menu ini.

Menu ini belum terlalu penting, namun kamu bisa mencari tau seperti apa fungsi dari typing keyboard to piano keyboard, scroll to reach time markers, step editing mode, clip groups, multilink to controller, main snap. Kamu bisa mencari tau fungsi ini jika sudah tahap mahir, untuk belajar pemula lebih baik tidak perlu ribet dengan fungsi ini.

Penanda durasi lagu utuh dan juga nama pattern penting untuk diketahui, memudahkan kamu ketika membuat lagu dalam edit suara atau meletakkan musik di bagian mana yang perlu.

Menu untuk memunculkan dashboard untuk kerja FL Studio kamu, seperti button playlist, channel rack, piano roll, browser, mixer, open project, open plugin, touch keyboard, tempo tapper, arrange. Lebih lengkapnya saya akan mengulas menu playlist, channel rack, piano roll, mixer nantinya di lain tulisan, kamu bisa mencari tau sendiri fungsi lain dari kelompok button ini.

Browser / Plugin Picker FL Studio (Alt+F8),
Browser sound termasuk juga yang pertama kali muncul di tampilan perangkat lunak FL Studio, isinya sangat banyak sekali dan bahkan menurut saya dikelompokkan terlalu banyak untuk pemaham an awal tentang FL Studio. Paling penting untuk diketahui oleh pemula adalah folder packs yang isinya ragam sound di sini dari mulai instrument hingga sound effect. Tampilan browser bisa diminimize dengan button browser di bagian atas kanan, sehingga memudahkan kamu kerja lebih luas.

Playlist FL Studio (F5)

Tampilan playlist termasuk juga muncul di awal ketika membuka perangkat lunak FL Studio ini, fungsinya untuk melihat lagu secara utuh dari penggabungan banyak sound. Beberapa seri FL Studio juga menampilkan channel rack dan piano roll di awal membuka perangkat lunak FL Studio jadi jangan terlalu khawatir jika sedikit berbeda.
Playlist FL Studio (F5)

Channel Rack FL Studio (F6)

Channel rack tampilan yang penting untuk kamu ketahui ketika mulai belajar FL Studio, gunanya untuk menciptakan sound dari ketukan atau pun instrumen generatornya. Channel rack erat kaitannya dengan pattern, berbeda pattern namun tetap satu channel rack dengan akses sound yang sama.

Channel Rack FL Studio (F6)

Piano Roll FL Studio (F7)

Piano roll sangat berguna untuk kamu yang ingin menciptakan sound lebih spesifik tanpa ketukan, membuka menu piano roll kamu bisa menciptakan sound dari chord yang berbeda-beda. Perlu diingat, tiap piano roll yang satu tidak sama dengan piano roll lainnya untuk tiap sound.
Piano Roll FL Studio (F7)


Song / Pattern Mode FL Studio (Shift+L)

Fungsi button ini sangat penting untuk diketahui, karena sangat membantu pada proses mengubah dan mengatur serta menggabungkan sound menjadi sebuah lagu yang utuh. Mode song untuk melihat sound yang sudah digabungkan menjadi lagu panjang, beberapa pattern yang digabungkan dan menjadi lagu yang harmoni dilihat dari mode song. Mode pattern untuk mendengarkan sebagian sound, untuk mengedit atau mengubah sound dari sebuah pattern.
Song / Pattern Mode FL Studio (Shift+L)

Mixer FL Studio (F9)

Mixer harus diketahui, walau pun mempelajarinya di awal sangatlah rumit, fungsi utama dari mixer untuk memperindah lagu yang sudah kita buat, semisal bagian sound drum kit ingin diperjelas, dan instrumen organ ingin diperhalus, serta suara vokal juga bisa dibuat jernih pada fungsi mixer ini.
Mixer FL Studio (F9)

Export MP3 File FL Studio (Shift+Ctrl+R)

Setelah yakin lagu utuh sudah asik didengar, dan taham mixer sudah dilakukan untuk memperindah keseluruhan lagu, maka langkah terakhir adalah mengubahnya jadi file MP3. Mudah saja, masuk ke menu file> export> mp3 file . . .

Setelah berkenalan dengan tampilan perangkat FL Studio dan semoga semakin familiar ketika menggunakan fungsi FL Studio, maka kamu juga harus mengetahui sekilas tentang dasar membuat lagu di FL Stdio.

Dasar FL Studio

Basic cara membuat musik edm, musik dj, bahkan musik dangdut dengang FL Studio sama saja, asalkan kamu mengerti bagaimana dasar membuat musik menggunakan FL Studio. Berikut ini adalah langkah awal membuat musik menggunakan FL Studio.

Pola Drum untuk Musik Latar

Di awal kamu ingin membuat lagu sendiri dengan FL Studio, kamu harus memiliki musik latarnya dalam istilah biasanya disebut dengan beat. Apa pun genre musik yang akan kamu buat, kamu perlu beat dasar atau sound yang melatari sound lain nantinya, pada genre musik RnB atau musik Hip-Hop, musik latar ditandai dengan ketukan kick pada drum, jenis ketukan kick ini berbeda-beda. Masih tentang musik latar, kemudian ketukan kick akan diberikan nuansa simbal dan ketukan senar. Sebabnya ketika untuk pertama kali membuka channel rack pada FL Studio, kamu akan dibekali dengan sound kick, clap, hat dan snare yang siap untuk dikerjakan, diberikan ketukan dan kaitannya dengan tempo yang bisa kamu atur.

Pola Drum untuk Musik Latar

Channel rack ini bisa diisi  manual, dengan mengklik button disamping nama sound dan untuk menghapusnya klik kanan button, jika ingin mengisinya secara otomatis klik kanan dan pilih fill each 2 steps, fill each 4 steps, atau fill each 8 steps. Sebagai contoh, coba isi secara otomatis channel rack dengan mengklik kanan masing - masing sound. Kick 4 steps, clap 8 steps, hat 2 steps dan snare 4 steps kemudian tekan spasi pada keyboard apa terjadi. Kemudian coba pelajari, atur tempo di bagian atas yang semula 130.00 coba ganti dengan 70.00 dan dengarkan perbedaannya dengan menekan kembali spasi.

Namun jika ketukan otomatis kurang sesuai dengan musik latar yang kamu inginkan, cobalah dengan mengisinya secara manual dan dengarkan perbedaannya, mengisinya secara manual akan lebih terasa musik seperti lebih hidup dibandingkan dengan mengisinya otomatis. Di mana ketukan kick ingin kamu akhiri, di bagian mana ketukan simbal ingin kamu mulai, dan ketukan snare yang dibuat untuk penanda musik, dengan mengaturnya scara manual lebih mudah dibandingkan secara otomatis. Jika musik latar sudah selesai, kamu bisa meletakkan hasil yang kamu buat pada playlist dengan memasukkan nama pattern musik latar yang tadinya kamu buat. Untuk memulai musik latar keperluan bagian lain, kamu bisa mengganti pattern terlebih dahulu, dan ketukan akan menghilang otomatis, tidak perlu mengganti sound lebih baik memasukkan sound baru jika ingin menggunakan musik latar dengan instrumen yang berbeda.

Pemilihan Instrumen dan Selaraskan Penggabungan Antar Sound

Hal dasar lainnya untuk membuat lagu dengan FL Studio adalah dengan memilih instrumen yang sesuai untuk mendukung lagu yang akan kamu buat. Masih pada tampilan channel rack, kamu hanya mencari sound di browser memilihnya mana yang sesuai, selanjutnya tambah ke channel rack dengan mengklik dan menariknya ke bagian kosong pada channel rack jangan menimpah sound karena akan menggantinya. Musik latar dengan drum kit, akan sesuai dengan berbagai instrumen, berbeda jika menggunakan sound organ untuk musik latar, tidak semua instrumen bisa dimasukkan.

Ketika menggunakan drum sebagai latar, maka kamu bisa mencobanya dengan memasukkan instrumen organ, sebagai contoh cari di menu browser packs> instruments> keyboard> stage grand klik tahan arahkan ke channel rack maka sound akan bertambah. Kini ada 5 sound di dalam channel rack, dan sound stage grand bertambah, kembali ke pattern 1 dan coba isi ketukan stage grand kemudian dengarkan hasilnya apa yang berbeda. Yap, kini dalam musik latar ada sound piano dengan satu chord. Beberapa orang menggunaka piano sebagai musik lead atau intro dari semua lagu utuh, dan membuatnya ketukannya di pattern 2, kemudian melihat sound digabungkan dengan menambahkannya pattern 2 ke playlist.

Semua orang punya selera musik yang berbeda, tapi tiap orang tentu diberikan kemampuan untuk mendengarkan lagu yang selaras, maka pilihlah instrumen yang mampu menyelaraskan musik latar yang telah kamu buat. Jika memilih instrumen secara asal, tentu lagu utuh yang kamu gabungkan di playlist ketika kamu dengarkan akan terasa aneh, setiap sound akan terdengar dipaksakan, bahkan ketukan bisa lari tidak selaras.

Teori Musik dan Struktur Melodi


Jangan merasa jika memasang dan menggabung banyak sound sudah terdengar bagus, mungkin beberapa dari kamu menganggap tidak penting memahami teori dari musik dan lebih baik mengabaikan struktur melodi yang ada serta lanjut menggabungkan secara asal ragam sound hingga menjadi indah didengar. Padahal teori musik dan struktur melodi sangat penting untuk sebuah lagu yang dibangun dengan perangkat lunak FL Studio.


Seperti apa chord dalam piano, bagaimana chord pada gitar, hal ini menjadi acuan jika menggunakannya sebagai instrumen pada lagu yang sedang kamu buat. Malahan dengan memahami teori musik dan struktur melodi, akan membantu kamu dalam proses membuat lagu di FL Studio jika mengalami masalah. Semisal ketika kamu mendengar playlist, ada satu instrumen yang terdengar aneh, coba lihat menggunakan piano roll dan coba ganti dengan chord yang berbeda, sampai suara terdengar seimbang dengan instrumen lainnya.

Struktur Sebuah Lagu

Paling penting memahami bagaimana sebuah lagu terdengar menarik dan asyik, karena jika minim mendengarkan lagu, kamu akan menjadi kaku saat membuat sound untuk lagu kamu. Seperti apa musik dimulai, bagaimana musik perlahan meninggi, dan diakhir musik baiknya sound yang bagaimana, hal ini tidak bisa dipelajari dengan sebuah teori, latihlah pendengaran kamu dan aktifkan intuisi kamu dalam musik.


Banyak mendengar ragam jenis musik, kamu akan memahami secara sendiri bagaimana sebuah lagu mengalir dengan bagus, seperti apa intro dimulai dan sepeti apa outro sebuah lagu berakhir. Jangan memaksakan sebuah sound tanpa mengetahui apakah sound tersebut terdengar seimbang dengan sound yang lain.

Setelah banyak mendengar ragam jenis musik, secara otomatis kamu akan menyadari seperti apa intro yang bagus, seperti apa outro yang baik, dan bagaimana lagu yang seimbang dan asyik untuk didengar.

Intuisi Memberikan Sound Effect / Master Mix

Pada tahap mastering keutuhan lagu, menjelaskan secara singkat mungkin akan membingungkan, tapi saya coba untuk menjelaskannya sebagai pengantar, untuk mempermudah memahami ulasan selanjutnya yang lebih mendalam tentang mastering. Perlu intuisi untuk memberikan sound effect pada pattern mau pun vocal pada lagu utuh, pattern mana yang perlu untuk diperjelas mana yang diperhalus, dan mana yang sesuai untuk effect tertentu.

Beberapa orang keliru ketika mastering pattern sound pada lagu utuh mereka, alhasil ketika jadi lagu kedengaran aneh, padahal fungsi dari mastering hanya menghias bukan sebagai acuan utama untuk proses membuat lagu. Semuanya berawal dari selarasnya pattern sound yang digabungkan ke playlist untuk membuat lagu utuh, bukan asal memasukkan pattern sound menjadi lagu utuh dan dipoles dengan mastering.

Sekilas tentang tutorial FL Studio dari aizeindra.id mari saling diskusi tentang FL Studio di kolom komentar postingan ini. Semoga ulasan belajar membuat lagu dengan FL Studio bagi pemula ini bisa membantu untuk kamu yang sedang ingin mempelajari perangkat lunak FL Studio. Tidak ada yang mahir, saya pun masih banyak perlu belajar, mari sama belajar dan saling diskusi, jika ingin sekiranya saya mengulas suatu hal, isi di kolom komentar saat luang pasti akan saya ulas. Mari belajar FL Studio bagi pemula dari dasar, agar proses membuat lagu dengan FL Studio akan menjadi mudah dan menyenangkan.

Popular Posts