Membuat Guitar Hardcore FL Studio

Cara Membuat Guitar Hardcore FL Studio

FL Slayer Hardcore


Anda suka genre Rock? Metal? Underground? Pada tutorial kali ini kita akan membuat efek hardcore pada FL Slayer agar terdengar seperti gitar distortion asli yang pernah anda mainkan saat anda duduk dibangku SMP atau SMA dulu, atau mungkin yang belum pernah menyentuh gitar sama sekali dan telah mempunyai keinginan untuk mencobanya, maka saya ingin memberitahu cara agar anda memiliki gitar electric tanpa harus susah payah mencari di rental music atau guitar shop di kota anda.

Pada kali ini anda akan bermain dengan distorition, compressor, threshold dll. Langsung saja berikut step by step.

STEP 1
Klik File > New dan anda add one channel FL Slayer. Beri nama pattern 1 dengan nama slayer dang anti warna nya menjadi hijau.



Color
STEP 2
Add one lagi FPC dan insert one pattern, beri nama Drum dang anti warnanya menjadi biru.



Color

STEP 3
Buka mixer anda dan link-an insert 5 dengan FL Slayer dan insert 6 dengan FPC.



Link Selected Channels

STEP 4
Sekarang kita tambahkan Fruity Reverb 2 dan Hardcore untuk FL Slayer pada insert 5.



Fruity Reverb 2



Hardcore

STEP 5
Sekarang kita beralih ke jendela hardcore plugin, ubah efek pertama menjadi DELAY, kedua EQUALIZER, DISTORTION dan COMPRESSOR.



Hardcore Window

STEP 6
Anda bisa mencoba memainkan FL Slayer-nya untuk merasakan sensasi efeknya, jika terasa kurang anda bisa mengatur panel-panel pada jendela hardcore sesuai dengan keinginan anda, sekarang kita write FL Slayernya dengan piano roll.



Write Slayer

STEP 7
Anda play sekarang, dengarkanlah.
lumayan? Kurang? Anda bisa berkreasi sendiri. Kita beralih ke FPC yang telah kita Add One sebelumnya. Kemudian kita pindah ke pattern Drum yang sudah kita buat, kita write FPC dengan piano rollnya seperti ini.



FPC


Anda bisa mengganti setiap sampler pada FPC dengan sampler yang terdapat pada Folder Paks yang sebelumnya kita gunakan dengan cara klik dan tahan sampler pada folder Packs dan drag ke sampler pad yang terdapat pada jendela FPC.


STEP 9
Anda sudah mempunyai 2 pattern yang telah terisi, dan saatnya kita mencoba menggabungkan mereka ke Playlist.



Playlist Hardcore project

Tujuan tutorial ini adalah mencoba mengetahui selera anda tentang genre Rock yang tak bisa terpisahkan dengan yang namanya distortion effect, stumming dan hardcore. Namun ada 1 teknik pada genre rock yang tidak bisa FL Slayer lakukan, yaitu Muting, tekhnik ini saat anda memainkan gitar namun bunyinya anda redam dengan tangan anda, sehingga suara seperti dimute-kan, atau dimatikan. Tekhnik ini bisa mainkan dengan plugin “SuperRiff Guitar” yang sudah saya sertakan di DVD Disk Buku ini. Ada 4 mode pada plugin ini, antara lain yang pertama FULL, MUTED, OPEN, VIBRATO. Serta anda juga bisa mengatur Envelope pada jendela SuperRiff Guitar dan anda juga bisa menambahkan efek Reverb dengan panel-panel sendiri.

Popular Posts